fadilah bulan rajab

Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya

Keutamaan Bulan Rajab, Baiklah pemirsa yang bidiman akan kami lanjutkan untuk menulis terjemahan kitab durrotun nasihin dan sekarang sudah sampai pada bab Keutamaan Bulan Rajab, Puasa bulan rojab dan hadis nabi tetang keutamaan bulan rojab serta pembahasan-pembahasan yang lain yang berkenaan dengan bulan rajab.

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw, sesungguhnya bersabda:

"Barang siapa yang menghidupkan malam pertama bulan Rajab, maka hati tidak mati pada waktu hati orang-orang mati, Allah akan melimpahkan kebaikan di atas kepalanya dengan sebanyak mungkin. dia keluar dari dosanya seperti ketika baru dilahirkan ibunya dan dia akan terima pemberian syafaatnya kepada tujuh puluh ribu orang yang memiliki kesalahan, yang berhak disiksa di neraka" (lubabul bab).

Dari Anas bin Malik, dari Nabi Muhammad Saw. yang sesungguhnya bersabda yang artinya:

"Barangsiapa yang mengerjakan sholat sesudah sholat Maghrib pada suatu malam di bilan rojab sebanyak duaouluh rokaat, fengan membaca surat al-fatihah, al-ihlas pada setiao rokaat, dengan sepuluh kali salam, menjaganya dan menjaga keluarganya dari bala' dunia ahirat" (zubdatul waizin)


Puasa di bulan rajab

Diriwayatkab dari Nabi Muhammad Saw, beliau bersabda yang artinya:
"
Ketahuilah, sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan Allah yang pekak, maka barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan itu karena beriman dan mencari pahala, maka pasti mendapatkan keridhaan yang besar dari Allah swt. Barangsiapa yang berpuasa dua hari di bulan itu, maka dia mendapatkan kemuliaan di sisi Allah yang tidak dapat dilukiskan oleh siapapun, baik manusia maupun penghuni langit. Barangsiapa yang berpuasa tiga hari maka dia diselamatkan dari bala dunia dan siksa akhirat, dari sakit gila, lepra, belang dan dari fitnah Dajjal. Barangsiapa berpuasa tujuh hari, maka pintu- pintu neraka tertutup baginya. Barangsiapa yang berpuasa delapan hari, maka delapan buah pintu surga dibuka untuknya. Barangsiapa berpuasa sepuluh hari, maka semua permintaannya kepada Allah akan dikabulkan. Barangsiapa yang berpuasa lima belas hari, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan mengganti kebaikan dengan kejahatannya. Dan barangsiapa yang berpuasa lebih dari lima belas hari, maka Allah akan menambah pahalanya".(zubdatul waizin)

Dari Nabi Muhammad Saw sesungguhnya beliau bersabda yang artinya:

"Pada malam Mi'raj aku telah melihat sungai yang airnya lebih manis daripada madu, lebih dingin daripada es, dan lebih harum daripada misik. Aku bertanya kepada Jibril: "untuk siapakah sungai ini?' Dia menjawab: "untuk orang yang membaca shalawat kepadamu pada bulan Rajab."

Al-Muqatil berkata: "Di belakang gunung Qaaf terdapat tanah lapang berwarna putih, debunya seperti perak, luasnya tujuh kali dunia ini dan penuh dengan malaikat, yang seandainya sebuah jarum jatuh, pasti mengenai mereka. Masing-masing malaikat memegang bendera yang bertuliskan 'Laa ilaahaa illallaahu Muhammadur Rasuulullaah Mereka berkumpul pada tiap-tiap malam Jum'at di bulan Rajab di sekeliling Gunung qaaf, berdoa untuk keselamatan umat Muhammad Saw.

"Ya Tuhan kami, kasihanilah umat Muhammad dan jangan Engkau menyiksa mereka."

Mereka memohonkan ampun dan berdoa sampai subuh tiba. Allah swt. berfirman:

"Hai malaikat-Ku, demi keagungan dan kemegahan-Ku, Aku benar- benar telah mengampuni mereka."(majalisul abror) terjemah durrotun nasihin hlm 147.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesuwun pun mampir

Cek Ongkir/pengiriman

Jam

Tanggal

cek