AQIQAH DAN HUKUMNYA

,AQIQAH
‏( ﻓﺼﻞ ‏) : ﻓﻲ ﺃﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ
ﻭﻫﻲ ﻟﻐﺔ ﺍﺳﻢ ﻟﻠﺸﻌﺮ ﻋﻠﻰ ﺭﺃﺱ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﻭﺷﺮﻋﺎً ﻣﺎ ﺳﻴﺬﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺑﻘﻮﻟﻪ
‏( ﻭﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ‏) ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ‏( ﻣﺴﺘﺤﺒﺔ ‏) ﻭﻓﺴﺮ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺑﻘﻮﻟﻪ ‏( ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺬﺑﻴﺤﺔ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﻳﻮﻡ ﺳﺎﺑﻌﻪ ‏) ﺃﻱ ﻳﻮﻡ ﺳﺎﺑﻊ ﻭﻻﺩﺗﻪ ﺑﺤﺴﺐ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻮﻻﺩﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺒﻊ، ﻭﻟﻮ ﻣﺎﺕ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﻭﻻ ﺗﻔﻮﺕ ﺑﺎﻟﺘﺄﺧﻴﺮ ﺑﻌﺪﻩ، ﻓﺈﻥ ﺃﺧﺮﺕ ﻟﻠﺒﻠﻮﻍ ﺳﻘﻂ ﺣﻜﻤﻬﺎ ﻓﻲ ﺣﻖ ﺍﻟﻌﺎﻕ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﺃﻣﺎ ﻫﻮ ﻓﻤﺨﻴﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻖ ﻋﻦ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﺍﻟﺘﺮﻙ
. ‏( ﻭﻳﺬﺑﺢ ﻋﻦ ﺍﻟﻐﻼﻡ ﺷﺎﺗﺎﻥ ﻭ ‏) ﻳﺬﺑﺢ ‏( ﻋﻦ ﺍﻟﺠﺎﺭﻳﺔ ﺷﺎﺓ ‏) ﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ : ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺨﻨﺜﻰ ﻓﻴﺤﺘﻤﻞ ﺇﻟﺤﺎﻗﻪ ﺑﺎﻟﻐﻼﻡ ﺃﻭ ﺑﺎﻟﺠﺎﺭﻳﺔ، ﻓﻠﻮ ﺑﺎﻧﺖ ﺫﻛﻮﺭﺗﻪ ﺃﻣﺮ ﺑﺎﻟﺘﺪﺍﺭﻙ، ﻭﺗﺘﻌﺪﺩ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺑﺘﻌﺪﺩ ﺍﻷﻭﻻﺩ،
‏( ﻭﻳﻄﻌﻢ ‏) ﺍﻟﻌﺎﻕ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ‏( ﺍﻟﻔﻘﺮﺍﺀ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻛﻴﻦ ‏) ﻓﻴﻄﺒﺨﻬﺎ ﺑﺤﻠﻮ ﻭﻳﻬﺪﻱ ﻣﻨﻬﺎ ﻟﻠﻔﻘﺮﺍﺀ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻛﻴﻦ ﻭ ﻳﺘﺨﺬﻫﺎ ﺩﻋﻮﺓ، ﻭﻻ ﻳﻜﺴﺮ ﻋﻈﻤﻬﺎ ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺳﻦ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﻭﺳﻼﻣﺘﻬﺎ ﻣﻦ ﻋﻴﺐ ﻳﻨﻘﺺ ﻟﺤﻤﻠﻬﺎ، ﻭﺍﻷﻛﻞ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﺍﻟﺘﺼﺪﻕ ﺑﺒﻌﻀﻬﺎ ﻭﺍﻣﺘﻨﺎﻉ ﺑﻴﻌﻬﺎ، ﻭﺗﻌﻴﻨﻬﺎ ﺑﺎﻟﻨﺬﺭ ﺣﻜﻤﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺳﺒﻖ ﻓﻲ ﺍﻷﺿﺤﻴﺔ،
ﻭﻳﺴﻦ ﺃﻥ ﻳﺆﺫﻥ ﻓﻲ ﺃﺫﻥ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﺍﻟﻴﻤﻨﻰ ﺣﻴﻦ ﻳﻮﻟﺪ، ﻭﺃﻥ ﻳﻘﺎﻡ ﻓﻲ ﺃﺫﻧﻪ ﺍﻟﻴﺴﺮﻯ، ﻭﺃﻥ ﻳﺤﻨﻚ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﺑﺘﻤﺮ ﻓﻴﻤﻀﻎ، ﻭﻳﺪﻟﻚ ﺑﻪ ﺣﻨﻜﻪ ﺩﺍﺧﻞ ﻓﻤﻪ ﻟﻴﻨﺰﻝ ﻣﻨﻪ ﺷﻲﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻮﻑ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﻮﺟﺪ ﺗﻤﺮ ﻓﺮﻃﺐ ﻭﺇﻻ ﻓﺸﻲﺀ ﺣﻠﻮ ﻭﺃﻥ ﻳﺴﻤﻰ ﻳﻮﻡ ﺳﺎﺑﻊ ﻭﻻﺩﺗﻪ . ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺗﺴﻤﻴﺘﻪ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﻭﺑﻌﺪﻩ، ﻭﻟﻮ ﻣﺎﺕ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﺳﻦ ﺗﺴﻤﻴﺘﻪ .
Pengertian Aqiqah
(Fasal) menjelaskan hukum-hukum aqiqah.
Aqiqah secara bahasa adalah nama rambut yang berada di atas kepala anak yang dilahirkan.
Dan secara syara’ akan dijelaskan oleh mushannif dengan perkataan beliau, “aqiqah untuk anak yang dilahirkan disunnahkan.”
Mushannif mentafsiri aqiqah dengan perkataan beliau, “aqiqah adalah binatang yang disembelih sebab bayi yang dilahirkan pada hari ketujuh bayi tersebut, maksudnya pada hari ketujuh kelahirannya.
Hari saat kelahirannya termasuk dalam hitungan tujuh hari tersebut. -kesunnahan tetap berlaku- Walaupun bayi yang telah dilahirkan itu meninggal dunia sebelum hari ketujuh.
Kesunnahan aqiqah tidak hilang sebab ditunda hingga melewati hari ketujuh.
Namun, jika aqiqah ditundah hingga anak tersebut baligh, maka hukum aqiqah gugur bagi orang yang melakukan aqiqah dari anak tersebut.
Sedangkan bagi anak itu sendiri, maka diperkenankan untuk melakukan aqiqah untuk dirinya sendiri ataupun tidak melakukannya.
Disunnahkan menyembelih dua ekor kambing sebagai aqiqah untuk anak laki-laki, dan menyembelih satu ekor kambing untuk anak perempuan.
Sebagian ulama’ berkata, “adapun anak khuntsa, maka masih ihtimal / dimungkinkan disamakan dengan anak laki-laki atau dengan anak perempuan.”
Namun, seandainya kemudian jelas kelamin prianya, maka disunnahkan untuk menambahi kekurangannya.
Aqiqah menjadi berlipat ganda sebab berlipat gandanya anak.
Proses Aqiqah
Bagi orang yang melaksanakan aqiqah, maka harus memberi makan kaum faqir dan kaum miskin.
Ia memasak aqiqah tersebut dengan bumbu manis dan memberikannya sebagai hadiah pada orang-orang faqir dan orang-orang miskin. Dan hendaknya tidak menjadikan aqiqah sebagai acara undangan. Dan hendaknya tidak memecahkan tulang-tulangnya.
Ketahuilah sesungguhnya usia binatang aqiqah, selamat dari cacat yang bisa mengurangi daging, memakannya, mensedekahkan sebagiannya, tidak boleh menjualnya dan menjadi wajib sebab nadzar, hukumnya adalah sesuai dengan hukum yang telah dijelaskan di dalam permasalahan binatang kurba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesuwun pun mampir

Cek Ongkir/pengiriman

Jam

Tanggal

cek