terjemah kitab tanqihul qaol bab 14


Bab Keempat Belas, Menerangkan Tentang Keutamaan Sholat Fardlu
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﺑُﻨِﻲَ ﺍﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡُ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻤْﺲٍ : ﺷَﻬَﺎﺩَﺓُ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﺇِﻟٰﻪَ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻭَﺇِﻗَﺎﻡُ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، ﻭَﺇِﻳْﺘَﺎﺀُ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓِ، ﻭَﺣَﺞُّ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖِ ﻭَﺻَﻮْﻡُ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ
“Islam didirikan atas 5 perkara, yaitu bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, menunaikan haji di Baitullah, dan berpuasa di Bulan Ramadhan”.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﺻَﻠُّﻮْﺍ ﺧَﻤْﺴَﻜُﻢْ ﻭَﺯَﻛُّﻮْﺍ ﺃَﻣْﻮَﺍﻟَﻜُﻢْ ﻭَﺻُﻮْﻣُﻮْﺍ ﺷَﻬْﺮَﻛُﻢْ ﻭَﺣَﺠُّﻮْﺍ ﺑَﻴْﺖَ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ ﺗَﺪْﺧُﻠُﻮْﺍ ﺟَﻨَّﺔَ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺣِﺴَﺎﺏٍ
“Kerjakanlah sholat 5 waktu kalian, keluarkan zakat dari harta kalian, berpuasalah di bulan kalian (Ramadhan), dan tunaikanlah zakat di rumah Tuhan kalian, niscaya kalian akan masuk surga Tuhan kalian tanpa dihisab (diperhitungkan amalnya)”.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻋِﻤَﺎﺩُ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ، ﻓَﻤَﻦْ ﺃَﻗَﺎﻣَﻬَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻗَﺎﻡَ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦَ ﻭَﻣَﻦْ ﺗَﺮَﻛَﻬَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﻫَﺪَﻡَ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦَ
“Sholat adalah tiang agama (islam). Barang siapa mendirikan sholat maka dia benar-benar telah mendirikan agama, dan barang siapa yang meninggalkan sholat maka dia telah benar-benar menghancurkan agama”.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﺍَﻟْﻤَﺮْﺃَﺓُ ﺇِﺫَﺍ ﺻَﻠَّﺖْ ﺧَﻤْﺴَﻬَﺎ ﻭَﺯَﻛَّﺖْ ﻣَﺎﻟَﻬَﺎ ﻭَﺻَﺎﻣَﺖْ ﺷَﻬْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺣَﺠَّﺖْ ﺑَﻴْﺖَ ﺭَﺑِّﻬَﺎ ﻭَﺃَﻃَﺎﻋَﺖْ ﺑَﻌْﻠَﻬَﺎ ﻭَﺃَﺣْﺼَﻨَﺖْ ﻓَﺮْﺟَﻬَﺎ ﺗَﺪْﺧُﻞُ ﺟَﻨَّﺔَ ﺭَﺑِّﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﻱِّ ﺑَﺎﺏٍ ﺷَﺎﺀَﺕْ
“Seorang wanita tatkala dia mau mengerjakan sholat pada 5 waktunya, mengeluarkan zakat hartanya, berpuasa di bulannya (Ramadhan), menunaikan haji di rumah Tuhannya, menaati suaminya, dan menjaga farjinya (kemaluannya), niscaya dia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dia kehendaki”.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﻟِﻜُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻋَﻠَﻢٌ ﻭَﻋﻠَﻢُ ﺍﻟْﺈِﻳْﻤَﺎﻥِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ
“Setiap sesuatu memiliki bendera dan bendera keimanan adalah sholat”
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﺍِﺗَّﻘُﻮْﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، ﺍِﺗَّﻘُﻮْﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، ﺍِﺗَّﻘُﻮْﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، ﺍِﺗَّﻘُﻮْﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﻣَﻠَﻜَﺖْ ﺃَﻳْﻤَﺎﻧُﻜُﻢْ، ﺍِﺗَّﻘُﻮْﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻲ ﺍﻟﻀَّﻌِﻴْﻔَﻴْﻦِ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓِ ﺍﻟْﺄَﺭْﻣَﻠَﺔِ ﻭَﺍﻟﺼَّﺒِّﻲِّ ﺍﻟْﻴَﺘِﻴْﻢِ
“Takutlah kalian kepada Allah di dalam (hal mengenai) sholat, takutlah kalian kepada Allah di dalam sholat, takutlah kalian kepada Allah di dalam sholat, takutlah kalian kepada Allah di dalam di dalam apa yang kalian miliki (1), takutlah kalian di dalam 2 orang dhu’afa (2 orang lemah) yaitu wanita janda dan anak yatim”.
Catatan (1) :
Dalam keterangan Kitab Tanqihul Qoul oleh Imam Nawawi Al-Banteni, apa yang dimiliki bisa berhubungan sesama manusia, berhubungan dengan hak-hak hewan, dan lain sebagainya.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﺻَﻠُّﻮْﺍ ﻛَﻤَﺎ ﺭَﺃَﻳْﺘُﻤُﻮْﻧِﻲْ ﺃُﺻَﻠِّﻰ
“Sholatlah kalian seperti kalian melihatku sholat”.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﻣَﻦْ ﺗَﺮَﻙَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓَ ﻣُﺘَﻌَﻤِّﺪًﺍ ﻓَﻘَﺪْ ﻛَﻔَﺮَ ﺟِﻬَﺎﺭﺍً
“Barang siapa meninggalkan sholat maka dia benar-benar telah kafir secara terang-terangan (2)”.
Catatan (2) :
Dalam Kitab Tanqihul Qoul oleh Imam Nawawi Al-Banteni dijelaskan bahwa maksud kafir di sini bukan berarti kafir dalam mengingkari adanya Allah SWT, tetapi wajib baginya siksa atau seolah dia mendekati kekufuran karena sesungguhnya orang yang meninggalkan sholat karena ingkar adalah kufur secara hakekatnya bukan secara syariatnya.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﺍَﻟﺼَّﻠَﻮَﺍﺕُ ﺍﻟْﺨَﻤْﺲُ ﻛَﻔَّﺎﺭَﺓٌ ﻟِﻤَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻦَّ ﻣَﺎ ﺍﺟْﺘُﻨِﺒَﺖِ ﺍﻟْﻜَﺒَﺎﺋِﺮُ، ﻭَﺍﻟْﺠُﻤْﻌَﺔُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﺠُﻤْﻌَﺔِ ﻛَﻔَّﺎﺭَﺓٌ ﻟِﻤَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ﻭَﺯِﻳَﺎﺩَﺓُ ﺛَﻼﺛَﺔِ ﺃَﻳَّﺎﻡٍ
“Sholat 5 waktu adalah pelebur dosa di antaranya (di antara sholat satu dengan sholat lainnya) selagi dosa-dosa besar dijauhi, sholat Jum’at satu dengan sholat jum’at lainnya adalah pelebur dosa di antaranya dan ditambah 3 hari”.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
ﻣَﻦْ ﺟَﻤَﻊَ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺗَﻴْﻦِ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﻋُﺬْﺭٍ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺗَﻰ ﺑَﺎﺑًﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏِ ﺍﻟْﻜَﺒَﺎﺋِﺮِ
“Barang siapa yang menjama’ (mengumpulkan) antara 2 sholat tanpa udzur maka dia benar-benar telah mendatangi satu pintu dari pintu-pintu dosa besar”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesuwun pun mampir

Cek Ongkir/pengiriman

Jam

Tanggal

cek