Contoh Soal Madrasah : Nahwu, Shorof, Tajwid, Qira'at, Hisab
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
ULANGAN KENAIKAN KELAS
2012-2013
NAMA :
KELAS :
PELAJARAN : Nahwu
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1. Kalam terbagi menjadi ................... macam
A. 10 B. 5 C. 3
2. Kalam / kalimah yang menunjukan suatu perbuatan / pekerjaan disebut....
A. Islam B. Fi’il C. Huruf
3. Yang merupakan contoh kalam / kalimah “huruf” adalah .............
A. اَ حْمَدُ B. اِلىَ C. يَكْتُبُ
4. Yang merupakan contoh kalam /kalimah “isim” adalah ..................
A. اَمَامَ B. يَقْرَاُ C. مَدْرَسَةٌ
5. I’rob terbagi menjadi ...............macam
A. 6 B. 4 C. 3
6. i’rab yang wazan akhirnya kasroh / kasroh tanwin di sebut i’rab .......
A. nasab B. Khofadz C. Jazm
7. I’rab jazm wazan akhirnya bertanda..............
A. Sukun B. Syiddah C. Domah
8. Kalimah fi’il yang menunjukan masa lampau ialah .............
A. Fi’il madi B. Fi’il mudori C. Fi’il amr
9. Fi’il mudori menunjukan kata kerja yang terjadi di ............
A. Masa lampau B. Masa sekarang C. Perintah
10. M af’ul bih merupakan lafadz .............
A.Subjek B. Predikat C. Objek
II Isilah titik di bawah ini .........
1. Jelaskan arti dari kalam !
2. Sebutkan macam-macam kalam !
3. Jelaskan pengertian dari i’rab !
4. Sebutkan macam-macam i’rab !
5. Tuliskan kedudukan kalmatnya ( mana yang fa’il, maf’ul bih, dan fi’il)
كَتَبَ اَحْمَدُ الْقُرْانَ
............ ......... .........
6. Sebutkan masing-masing i’rab berikut ini!
اَحْمَدُ يَجْلِسُ عَلَى كُرْسِيِ
اَحْمَدُ = I’rab ..........
يَجْلِسُ = I’rab ..........
عَلَى كُرْسِيِ = I’rab ..........
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
AL- UKHROWIYAH
Jl. Pangeran Seminingrat RT 02/XX Ciracas Lama kota Serang
ULANGAN KENAIKAN KELAS
2012-2013
NAMA :
KELAS :
PELAJARAN : Shorof
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
فعل ماضى
اسم ضمير
رقم
كَتَبَ
نَصَرَ
فَعَلَ
هُوَ
١
.......
نَصَرَا
.......
.......
٢
.......
.......
فَعَلُوْ
هُمْ
٣
كَتَبَتْ
.......
.......
هِيَ
٤
.......
نَصَرَتَا
فَعَلَتَا
هُمَا
٥
.......
نَصَرْنَ
.......
هُنَّ
٦
.......
.......
فَعَلْتَ
.......
٧
كَتَبْتُمَا
.......
.......
اَنْتُمَا
٨
.......
نَصَرْتُمْ
.......
اَنْتُمْ
٩
كَتَبْتِ
.......
.......
اَنْتِ
۱۰
.......
نَصَرْتُمَا
فَعَلَتُمَا
.......
١١
كَتَبْتُنَّ
.......
.......
اَنْتُنَّ
١٢
.......
نَصَرْتُ
.......
أَنَا
١٣
كَتَبْنَا
.......
.......
.......
١٤
فَعَلَ = telah melakukan
نَصَرَ = telah ..................
كَتَبَ = telah ..................
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
AL- UKHROWIYAH
Jl. Pangeran Seminingrat RT 02/XX Ciracas Lama kota Serang
ULANGAN KENAIKAN KELAS
2012-2013
NAMA :
KELAS :
PELAJARAN : QIRA’AT
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
I. Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia
١. اَحْمَدُ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ =
٢. حَسَنُ يَذْهَبُ إلَى الْمَدْرَسَةِ =
٣. سَبُوْرَةٌ أَمَامَ الْفَصْلِ =
٤. أَحْمَدُ يَأْكُلُ الرُّمَّانُ =
٥. هُوَ يَغْتَسِلُ كُلَّ يَوْمٍ =
II. Terjemahkan ke dalam bahasa Arab
1. Dia (laki-laki) menulis =
2. Kitab diatas meja =
3. Guru di depan kelas =
4. Hasan didalam sekolah =
5. Hindun sedang shalat subuh =
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
AL- UKHROWIYAH
Jl. Pangeran Seminingrat RT 02/XX Ciracas Lama kota Serang
ULANGAN KENAIKAN KELAS
2012-2013
NAMA :
KELAS :
PELAJARAN : HISAB
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
I. Hitunglah!
٦ x ٩....=
١٤ x ٧ ....=
٢٨ x ٥ ....=
١٥ x ٣ ....=
II. Isilah seperti contoh!
١٣ +٢٩ = ٤٢
ثَلاَثَ وَ عَشَرَ زَائِدُ تِسْعَ وَعِشْرُوْنَ يُسَاوِى إِثْنَ وَ اَرْبَعُوْنَ
١) ٩ + ١ = ....
................................................................
٢) ٢٥ - ٨ = ....
................................................................
٣) ٦ x ٧ = ....
................................................................
Keterangan :
زائد : +
ناقص : -
مضروبا : x
مقسوما على : :
يساوي : =
عشرة : 10
عشرون : 20
ثلاثون : 30
أربعون : 40
خمسون : 50
ستون : 60
تسعون : 90
مائة : 100
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
AL- UKHROWIYAH
Jl. Pangeran Seminingrat RT 02/XX Ciracas Lama kota Serang
ULANGAN KENAIKAN KELAS
2012-2013
NAMA :
KELAS :
PELAJARAN : Tajwid
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1. Hukum nun mati dan tanwin dibagi menjadi ........
a. 3 b. 4 c. 5
2. Huruf ikhfa ada ..........
a. 10 b. 13 c. 15
3. Idghom bigunnah yaitu idghom ................
a. dengan dengung b. tanpa dengung c. Jelas
4. Huruf idghom seluruhnya ada ...............
a. 3 b. 4 c. 6
5. عَنْ صَلاَ تِهِمْ Merupakan contoh hukum dari ........
a. Idgham b. Ikhfa c. Idzhar
6. Nun mati atau tanwin bertemu dengan salah huruf dibacanya jelas merupakan pengertian dari .............
a. Idgham b. Ikhfa c. Idzhar
7. Nun mati atau tanwin menghadapi huruf ب disebut hukum ...........
a. Iqlab b. Idzhar c. Ikhfa
8. Apa yang dimaksud idghom mutamasilain ............
a. Nun mati (نْ) bertemu mim (م)
b. Mim mati (مْ) bertemu mim (م)
c. Mim mati (مْ) bertemu Ba (ب)
9. رَسُوْلُ الله Merupakan contoh hukum ..............
a. Tafhim b. Tarqiq c. Idgham
10. Lafad Allah yang didahului oleh huruf yang berbaris kasroh di sebut ...
a. Tafhim b. Tarqiq c. Idgham
II. Essay
1. Sebutkan dan jelaskan macam-macam idghom ...........
2. Sebutkan huruf mad .............
3. Tuliskan 3 contoh dari iqlab .........
4. Tuliskan 3 contoh dari idghom bigunnah ........
5. Tuliskan hukum tajwidnya!
مِنْ رَبِّهِمْ =
مِنْهُمْ =
مِنْ قَوْمٍ =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
kesuwun pun mampir