ilmu yang wajib dipelajari dalam islam


3 ILMU PELAJARAN YANG WAJIB DIPELAJARI SEMUA ORANG ISLAM
Dari sekian banyak ilmu-ilmu pelajaran agama Islam yang ada seperti tafsir, hadist, mantiq, balagoh, faroid, arud, nahwu, shorof, usul tafsir, usul fiqih, usul hadist dan masih sangat banyak lagi namun kebanyakan darinya hukumnya adalah fardhu kifayah dan sunnah namun ada 3 pelajaran yang hukumnya wajib dipelajari setiap individu alias fardhu ain . Pelajaran apa sajakah yang wajib dipelajari tiap orang Islam? berikut ini akan gue bahas didalam blog [riizhu] to you all ini.
Diantara ilmu pelajaran-pelajaran dalam Islam kata guru gue dulu itu yang wajib adalah 3 pelajaran yaitu Tauhid , Fiqih dan Akhlaq, ya tiga ilmu pelajaran itu hukumnya wajib untuk dipelajari setiap orang, mari kita bahas yuk mengenai ilmu-ilmu tersebut lebih rincinya membahas tentang apa.
1. Tauhid
Ilmu/pelajaran pertama yang wajib dipelajari semua orang Islam adalah Ilmu Tauhid ilmu yang mengajarkan tentang ma'rifat/mengenal Allah, mengenal sifat-sifat Allah, baik yang wajib, mustahil ataupun yang harus bagi Allah. Jika tidak belajar ilmu tauhid maka sama aja dia tidak memiliki Tuhan karna itu hukum mempelajari Ilmu Tauhid Fardhu ain yaitu wajib dipelajari setiap orang-orang yang sudah mukallaf (balig lagi beraqal).
2. Fiqih
Yang kedua adalah Ilmu Fiqih, setelah kita mengenal Tuhan kita, berikutnya kita harus mengerjakan apa-apa yang diperintahkan dan menjauhi apa-apa yang telah dilarannya dan semua yang diperintahkan dan dilarang Allah ada dalam ilmu fiqih. Kitapun jika sudah mukallaf diwajibkan untuk belajar ilmu fiqih ilmu yang membahas tentang cara-cara sembahyang, berwhudu, berzakat, menunaikan haji, bersodakoh dan lain-lainnya.
3. Akhlaq
Ilmu yang diwajibkan untuk dipelajari orang Islam yang ketiga adalah ilmu Akhlaq, yups jika Tauhidnya sudah mantap, Fiqihnya ok maka akan lebih sempurna lagi jika Akhlaqnya juga mulia. Ilmu Ahklaq adalah ilmu yang membahas tentang hubungan sesama manusia bagaimana berprilaku terhadap orang yang lebih tua, bagaimana berprilaku kepada kesesama teman dan lain-lainnya, kalau ilmu/pelajaran di sekolah nasional sih mirip dengan pelajaran PKN, yups pelajaran Akhlaq mirip dengan pelajaran PKN, Jika Akhlaq kita sudah bagus pasti PKN kita juga akan bagus lho^^.
Itu dia 3 pelajaran yang wajib dipelajari setiap muslim didunia ini, semoga kita semua terpelihara untuk selalu mempelajari dan mengamalkan ketiga ilmu-ilmu di atas.. aamiin^^. Karena jika tidak maka Islamnya cuma Islam KTP saja. Naudzubillah deh, Ok sekian postingan dari isun semoga bisa bermanfaat ya^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesuwun pun mampir

Cek Ongkir/pengiriman

Jam

Tanggal

cek